VISI DAN MISI DESA

VISI

Terwujudnya masyarakat Desa Lowa yang Agamis, Mandiri berbasis Pendidikan, Berkembang dan Berkelanjutan

Visi tersebut mengandung pengertian bahwa cita-cita yang akan dituju oleh segenap masyarakat Desa Lowa di masa mendatang, adapun arti dari kalimat tersebut adalah:

  Lowa : Artinya salah satu Desa yang berada di wilayah Kecamatan Comal
  Agamis : Artinya warga kita diharapkan mempunyai kepercayaan dan ketaqwaaan yang sangat kuat terhadap Allah SWT .
  Mandiri : Artinya mengandung pengertian bahwa masyarakat Desa Lowa mampu mewujudkan kehidupan yang sejajar dan sederajat dengan masyarakat desa lain yang lebih maju dengan mengandalkan pada kemampuan dan kekuatan sendiri yang berbasis pada keunggulan lokal dibidang pendidikan, jasa dan usaha mandiri   secara luas .
  Berkembang : Artinya warga kita diharapkan mampu bersaing dengan perkembangan zaman sehingga ke depan Desa Lowa menjadi lebih maju.
  Berkelanjutan : Artinya warga kita diharapkan mampu melanjutkan cita-cita warga tentang Program pembangunan Desa dimasa- masa yang akan Datang.

 MISI

Misi Desa Lowa adalah:

  1. Mewujudkan dan mengembangkan kegiatan keagamaan untuk menambah keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa .
  2. Mewujudkan dan mendorong terjadinya usaha-usaha kerukunan antar dan intern warga masyarakat yang disebabkan karena adanya perbedaan agama, keyakinan/faham, organisasi, dan lainnya dalam suasana saling menghargai dan menghormati.
  3. Membangun dan meningkatkan hasil pertanian dengan jalan penataan pengairan, perbaikan jalan sawah / jalan usaha tani, pemupukan, dan pola tanam yang baik .
  4. Meningkatkan sarana dan prasarana pemerintahan, kesehatan, pendidikan, ekonomi dan pembangunan dengan memfasilitasi sarana dan prasarana pemerintahan desa maupun di kesehatan, pendidikan dan ekonomi.
  5. Menumbuhkan gairah individu-individu yang mau dan mampu menjadi insan yang tangguh dalam pengembangan usaha di Desa Lowa.
  6. Meningkatkan ketertiban dan keamanan lingkungan.
  7. Mengembangkan potensi masyarakat untuk berdaya guna dan berhasil guna.
  8. Membekali masyarakat dengan teknologi tepat guna .
  9. Meningkatkan pemberdayaan masyarakat aktif dalam pembangunan dengan memberikan penyuluhan dan pelatihan kepada lembaga pemberdayaan masyarakat, baik BPD, LPMD, LKM, PKK dan lembaga desa lainnya.
  10. Mensejahterakan masyarakat Desa Lowa sehingga terhindar dari kemiskinan.